Ciri Kawasan Transit oriented development (TOD)
Ciri Kawasan Transit oriented development (TOD) – Area Transit Oriented Development (TOD) menjadi semakin populer di pusat-pusat perkotaan di seluruh dunia. Area TOD dikembangkan di sekitar pusat angkutan umum, dan memiliki jalan yang dapat dilalui dengan berjalan kaki, akses mudah ke transportasi, dan fasilitas perumahan dan komersial untuk mempromosikan kehidupan yang berkelanjutan.
Jika direncanakan dengan baik, TOD dapat menciptakan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat lokal dan pengunjungnya. Artikel ini akan mengeksplorasi berbagai ciri kawasan Transit oriented development (TOD)
Apa itu Pembangunan Berorientasi Transit?
TOD merupakan konsep tata kota yang bertujuan untuk menciptakan komunitas walkable di sekitar transportasi umum. Memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Stasiun transit dan halte : Angkutan umum merupakan pusat kegiatan, dengan penggunaan lahan dan infrastruktur yang dibangun di sekitarnya.
- Penggunaan Lahan Campuran : Area perumahan dan komersial digabungkan di area yang sama, memberikan beragam layanan kepada penduduk dan pengunjung.
- Orientasi Pejalan Kaki : Campuran penggunaan dan campuran penggunaan lahan menarik pejalan kaki dan mendorong mereka untuk berjalan ke tujuan terdekat.
- Rancangan Berorientasi Pejalan Kaki : Jalan dirancang dengan cara yang mendorong pejalan kaki, dengan trotoar lebar, pohon jalan, dan penyeberangan pejalan kaki.
- Kompak : Penggunaan campuran dan penggunaan lahan campuran berarti area tersebut padat, dengan jarak tempuh yang lebih sedikit.
- Ruang Publik : Ruang publik, seperti taman dan alun-alun terintegrasi ke dalam kota, mendorong orang untuk berinteraksi dan berjalan kaki.
- Perbelanjaan : Belanja lokal didorong dan dipromosikan, dengan jalan-jalan berorientasi pejalan kaki dan toko-toko kecil, serta berbagai toko.
- Angkutan Umum : Angkutan umum banyak digunakan, dengan jalur yang sering dan mudah diakses dari seluruh penjuru kota.
- Bersepeda : Bersepeda didorong secara aktif, dengan rute dan jalurnya sendiri.
- Kendaraan tidak bermotor: Jalan kaki, bersepeda, dan angkutan umum adalah sarana transportasi yang lebih disukai.